Kamis, 28 Mei 2009

Jujur pada kata hati







BERDIALOG DENGAN KATA HATI


Kalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pasti Kami bukakan untuk mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan , maka Kami siksa mereka dengan perbuatan mereka sendiri (QS Al –A’raf : 96)



Pagi itu, sewaktu aku sedang browsing bersama suami, menangkap berita, Facebook Haram! Aku dan suami berpandangan sejenak, dan tanpa dikomando langsung mengklik berita itu. Sebenarnya sederhana saja, intinya Facebook haram kalau dipergunakan untuk hal-hal yang tak berguna. Tapi entah kenapa di televisi berita itu diblow up, dan semua orang diminta pendapatnya. Dan hasilnya sebagian besar pengguna facebook mengemukakan kalau facebook banyak manfaatnya.



Dan sebagaimana biasanya, polemik pasti akan berakhir dengan kesimpulan :
tergantung individu masing-masing. Jadi lebih baik aku bertanya pada diriku
sendiri, Facebook halal apa haram untuk diriku sendiri.
Kalau suamiku jelas sudah mengambil sikap, Dia mengharamkan televisi, dan tidak pernah membuka facebook, tapi dia tidak melarang aku membuka facebook. Sebenarnya, dalam hati kecil Aku mengakui, kalau kadang-kadang Aku ”terpeleset” sehingga mengarah ke facebook yang haram, tapi anehnya Aku berpendapat kalau mengharamkan facebook itu sesuatu yang berlebihan. Aku sebenarnya ngeri kalau Aku menjadi golongan orang munafik karenanya (Astaghfirulloh!) Tapi untuk mengharamkan facebook?Kok berat juga ya Aku lakukanAku banyak mendapat ”ilmu”, tauziah, menyambung silaturahim, dan ”membuka wawasan dari facebook.(Terima kasih buat semua teman-teman, dan Jazakumulloh khoiron katsiro buat muslim community dan belajar Islam). Saat ini mungkin lebih baik Aku bertanya pada diri sendiri, sudah mampukah aku mempergunakan facebook secara halal? Mungkin itu lebih nyaman Aku tanyakan pada diri sendiri. Dan semoga kalau suatu saat Aku menyadari facebook telah membuat Aku jauh dari agama, sehingga mengabaikan perintah perintah Allah, Aku bisa berteriak dengan ksatria, Facebook haram!!! Tapi untuk saat ini, sepertinya Aku masih perlu membuka facebook mengingat Aku masih perlu banyak belajar. Wallahu’alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar