Rabu, 01 April 2020

Apakah pelanggan prabayar juga gratis token?



Kartu kendali prabayar

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan mekanisme pelaksanaan pemberian stimulus tarif listrik terkait pembebasan atau penggratisan biaya tarif listrik bagi konsumen 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50 persen kepada konsumen bersubsidi 900 VA (antaranews.com)

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menjelaskan untuk pelanggan daya 450 VA
akan dibebaskan biaya pemakaian dan beban selama 3 bulan, sedangkan untuk pelanggan daya 900 VA akan dikenakan biaya pemakaian dan biaya beban sebesar 50%, dalam konferensi pers secara daring , rabu 1 april 202

Mengantisipasi pemakaian konsumen reguler yang melebihi batas, Kementerian ESDM dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah memiliki database penggunaan masing-masing konsumen, sehingga ketika pemakaian melebihi batas rata-rata selama 3 bulan sebelumnya, sekringnya akan anjlog secara otomatis sehingga listrik padam, sehingga terhindar dari pemakaian listrik berlebih, mengingat adanya WFH dan SFH serta berkumpulnya banyak anggota keluarga akan berpotensi menaikkan konsumsi daya listrik, yang tidak terkontrol bila tidak dikendalikan.

Khusus prabayar 450 VA, Rida Mulyana  kembali menambahkan, pemerintah akan memberikan token gratis setiap bulan sebesar pemakaian tertinggi dari tiga bulan terakhir. "Masing-masing pelanggan konsumsinya beda-beda, kami sudah punya profil pelanggan, angka maksimum dari pemakaian tiga bulan terakhir, yang kita berikan.



Penerapan mekanisme keringanan pembayaran ini akan diberlakukan serupa pada pelanggan rumah tangga prabayar 900 VA bersubsidi. Setiap bulannya akan diberikan token listrik gratis sebesar 50 persen dikalikan pemakaian bulan tertinggi dari tiga bulan terakhir. "Persis seperti 450 VA, hanya saja tidak gratis tetapi bayarnya hanya 50 persen," jelas Rida.
Tapi Rida tidak menjelaskan secara tehnis, bagaimana cara memberikan token gratis atau diskon 50% tiap bulannya. Apakah dengan bagi-bagi voucher yang digit angkanya bisa dimasukkan ke meteran pelanggan prabayar, atau ada petugas yang tiap bulan siap mengisikan pulsa, atau otomatis diberikan diskon saat pelanggan prabayar membeli pulsa atau melakukan pengisian ulang, mengingat pelanggan prabayar harus aktif melakukan pengisian pulsa, tidak pasif seperti pelanggan pasca bayar yang bisa langsung menggunakan daya listrik dan baru melakukan pembayaran kemudian.


Rida menegaskan selama tiga bulan ke depan, mulai bulan April hingga Juli, kedua pelanggan 450 VA dan sebagian 900 VA akan mengikuti mekanisme yang sudah ditentukan.
Tapi untuk pelanggan prabayar, kemungkinan baru bisa menikmati pembelian diskon atau gratis mulai bulan mei, sebab untuk prabayar harus membeli pulsa dulu baru bisa mengkonsumsi daya listrik. Seperti pengakuan pelanggan listrik prabayar yang melakukan pembelian token pada tanggal 1 april 2020,
"Aku tadi membeli pulsa listrik 100 ribu, jumlah kwh nya masih biasa seperti bulan-bulan sebelumnya. Belum tahu bagaimana mekanisme pemberian diskon 50% nya" (Mamat Surochmat)

Untuk pelanggan listrik prabayar bersubsidi 450 VA dan 900 VAi harus sedikit bersabar untuk mengikuti mekanisme yang ditentukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar