Kamis, 02 Januari 2020

Belajar Ternak Lebah Madu



Murid-murid SDN Sidorejo 2, Kebonsari, Madiun sedang memperhatikan pengarahan tentang tolabul ilmi dari Pak Sunardi. Pentingnya menuntut ilmu dari ayunan sampai liang lahat, dari lahir sampai tutup usia.
" Dari Abu Dzar r.a Rasulullah SAW bersabda kepadaku, ya Abu Dzar! Sungguh kamu berangkat pagi untuk belajar satu ayat dari kitab Alloh itu lebih baik bagimu daripada engkau shalat 100 rakaat. Dan engkau berangkat pagi hari untuk belajar satu bab dari Ilmu baik diamalkan atau tidak, itu adalah lebih baik daripada engkau shalat 1000 rakaat (HR. Ibn Majah).
Sebelum mengajarkan berternak lebah, P. Sunardi juga menjelaskan surat dalam Alqur'an yang membahas tentang lebah, yaitu surat an nahl(lebah) yang merupakan surat ke 16. Sedang ayat tentang lebah terdapat dalam ayat 68  dan 69. :
Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah : Buatlah sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat oleh manusia ( QS an nahl(16) : 68
Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan, dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi orang yang berpikir (QS an nahl(16) : 69.



Jenis-jenis lebah madu ada 4 macam, yaitu cerana, dorsata, florea dan mellifera. Sedang lebah yang dibudidayakan di sini adalah mellifera, jenis impor yang kualitasnya lebih bagus dan bisa dipindah-pindah dalam pemeliharaannya. Dalam sistem kehidupan lebah terdapat 3 jenis lebah, yaitu lebah ratu, lebah jantan dan lebah pekerja.
Lebah ratu dapat kita kenali dengan ciri-ciri perutnya panjang, jauh lebih panjang dari pada sayapnya. Ukuran dada lebah ratu lebih besar daripada lebah pekerja dan kepala lebah ratu berbentuk bulat. Dalam satu koloni (sarang) hanya terdapat 1 lebah ratu, bila lebih akan berkelahi sampai salah satu mati, atau salah satu pergi meninggalkan sarang dan membentuk koloni baru.Lebah ratu kerjanya hanya bertelur, dan tidak pernah mencari makan karena dilayani oleh lebah-lebah pekerja. Dalam sehari lebah ratu bisa menghasilkan sekitar 1000 telur, dengan masa hidup 4-6 tahun.  Sebelum bertelur lebah ratu akan pergi untuk kawin yang hanya dilakukan sekali,sedang bertelur dilakukan seumur hidup. Telur lebah ratu akan berubah menjadi lebah betina biasa yang tumbuh menjadi lebah pekerja, sedang yang tidak dibuahi akan berubah menjadi lebah jantan. Sedang telur calon lebah ratu sangat istimewa, diletakkan di sarang bagian pinggir, dengan posisi tegak lurus dan berukuran lebih besar. Makanannyapun khusus, yaitu royal jelly. Royal jelly biasanya terdapat dalam sarang yang masih putih, belum terlalu coklat warnanya. Calon lebah ratu hanya butuh sekitar 15 hari untuk menjadi lebah ratu yang sempurna. Kemudian akan berkelahi dengan lebah ratu yang tua sampai salah satu mati, atau terbang keluar untuk membentuk koloni baru.
Sedang lebah jantan biasanya hanya berjumlah ratusan, dan hanya yang kuat dan terbang tinggi untuk kawin dengan lebah ratu. Lebah jantan yang berhasil mengawini lebah ratu itu tidak lama akan mati karena testisnya lepas dan tertanam pada ovarium ratu lebah.
Lebah jantan lainnya hanya tinggal disarang dan makan dari makanan yang dibawa oleh lebah pekerja. Ciri-ciri lebah jantan, bentuknya besar mirip dengan lebah ratu, tetapi sedikit ramping. Matanya besar dan bersentuhan pada atas kepalanya.
Setiap koloni lebah ada sekitar 30 ribu sampai 60 ribu ekor lebah pekerja. Ciri-ciri lebah pekerja adalah ukurannya yang paling kecil jika dibandingkan dengan lebah jantan. Kepalanya berbentuk segitiga dan kaki belakang ditutup bulu yang panjang, bulu panjang ini berguna untuk menyimpan tepung sari ketika terbang mencari bahan makanan..
Tugas lebah pekerja diantaranya :
  • Membagun sarang lebah untuk bertelurnya lebah ratu
  • Terbang mengumpulan nektar, tepung sari dan air
  • Memberi makan lebah ratu dan lebah jantan
  • Membersihkan sarang
  • Menjaga sarang dari gangguan / musuh.
  • Ini adalah sisir kandang lebah / bingkai royal jelly untuk membuat sarang si lebah yang berisi ratu lebah, usahakan ratu lebah tidak bisa keluar dari dalam bingkai yang kita buat. Kotak papan tempat budidaya lebah madu yang diperlukan minimal 40 kotak, idealnya adalah 100 kotak koloni lebah madu.
  • Peternakan lebah membutuhkan tempat yang jauh dari keramaian dan dekat dengan tanaman yang banyak menghasilkan  bunga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar