Senin, 14 Oktober 2019

Botok tongkol suir tanpa daun


 Botok adalah salah satu kuliner khas jatim. Biasanya botok terdiri dari lombok hijau, tomat hijau, tempe, teri,belimbing wuluh, tempe, macam- macam sayuran seperti kacang panjang, pare welut, kemangi,  dll.
Lazimnya, botok dibungkus daun dengan cara ditum dan dikukus, tapi kebetulan hari ini saya lupa membeli daun pisang, jadi saya putar otak agar botok yang sudah terbayang dalam angan saya tetap bisa saya wujudkan tanpa harus kembali ke pasar untuk membeli daun yang itupun belum tentu ada. Akhirnya saya mempunyai ide untuk mencetak botok saya, tapi tentunya dengan  sedikit bahan tambahan agar botok saya mempunyai daya rekat. Tentunya kwlapa yang terpakai harus kelapa yang relatif masih muda, sehingga rasanya lebih lunak, sedikit manis dan mudah merekat atau bersatu.
Untuk mamah mamah, ibu ibu, emak-emak, bunda-bunda yang ingin resepnya, silakan cekidot :
Siapkan cetakan apa saja yang bunda punya yaaaa....
Resep Botok tongkol suir tanpa daun :

Bahan :
1. 200 gr tongkol, disuir2. 
2. 1 butir kelapa, diparut.
3. 1 papan tempe 8x4x3 cm, potong dadu kecil
4. 1 buah tahu +- 8x5x4 cm, haluskan, sisihkan.
5. 5 mata pete, potong kecil.
6. 5 buah kacang panjang, iris kecil2.
7. Segenggam kemangi.
8. 1/4 buah mangga muda(secukupnya), serut kecil.
9. 10 buah cabai hijau potong kecil.
10. Telur 1 butir.
Bumbu yang dihaluskan
1. 3 siung bawang putih
2. 5 butir bwg merah
3. sesendok makan garam
4. 1 sendok mkn gula pasir, kl syka manis bs 2 sdk mkn.
5. Satu ruas jari kencur
6. Satu ruas jari temu kunci
7. Kl suka pedas bisa ditambahkan lg lombok rawit, bisa dihaluskan, bisa dipotong kecil-kecil.
8. Bisa ditambahkan kaldu bubuk 1 sachet, tapi takaran garamnya dikurangi, kira2 separuhnya.
Cara membuatnya :
1. Haluskan bumbu bumbu yang harus dihaluskan.
2. Campurkan semua bahan sampai tercampur rata.
3. Masukkan dlm cetakan sambil sedikit ditekan supaya membentuk.
4. Kukus dlm kukusan yg airnya sdh mendidih kira-kira 30 menit.
5. Keluarkan dari kukusan, dan keluarkan dari cetakan. Botok siap dinikmati. Nyam2.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar